Tuesday, October 8, 2013

BAB 1-FUNGSI & TUJUAN MANEJEMEN INFORMASI



 Fungsi & Tujuan Manajemen Informasi
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan.
Fungsi-fungsi manajemen (Henry Fayol)
  1. Manajer merencanakan apa yang akan dilakukan.
  2. Manajer mengorganisasikan untuk mencapai rencana tersebut.
  3. Manajer menyusun staff organisasi dengan sumber daya yang diperlukan.
  4. Dengan sumber daya yang ada, para manajer mengarahkan untuk melaksanakan rencana tersebut.
  5. Akhirnya para manajer mengendalikan (controlling) sumber daya tersebut dan menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.
Tingkatan Manajemen :
  1. Perencanaan Strategis ; direktur, wakil direktur, bertanggung jawab atas pengambilan keputusan.
  2. Pengendalian Manajemen ; manajer wilayah, ka. Divisi, bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan.
  3. Pengendalian Operasional ; supervisor, pimpinan proyek, menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer diatasnya, merupakan tempat berlangsungnya operasional perusahaan.
Keahlian Pihak Manajemen :
  1. Komunikasi, manajer menerima/mengirimkan informasi dalam bentuk :
  • Lisan ; pada saat meeting, dll.
Tulisan ; laporan, surat, dll

No comments:

Post a Comment