Thursday, October 10, 2013

BAB 2-Ikhtisar



4.       IKHTISAR

Model adalah penyederhanaan dari sesuatu yang disebut entitas. Ada empat jenis model yaitu fisik, naratif, grafik dan matematika. Kesemua jenis tersebut membantu pemakai memahami entitas dengan lebih baik, dan mengkomunikasikan pemahaman tersebut kepada orang lain. Model matematika juga memungkinkan pemakai memperkirakan masa depan, walau ketelitiannya kurang sempurna.

Sistem fisik terdiri dari tiga elemen yaitu input, transformasi, dan output. Sumber daya fisik mengalir melalui sistem fisik.
Sistem konseptual meliputi suatu lingkaran umpan balik dan mekanisme pengendalian. Perusahaan adalah sebuah contoh sistem lingkaran tertutup, dengan manajemen sebagai mekanisme pengendalian. Arus umpan balik mula-mula berupa data, diubah menjadi informasi oleh pengolah informasi, dan kemudian digunakan oleh manajemen dalam pemecahan masalah.
Pengolah informasi dapat berupa sistem berbasis komputer. Manajer mungkin dibantu oleh sistem analis, menentukan informasi yang harus disediakan pengolah informasi, dalam hal relevansi akurasi, ketepatan waktu dan kelengkapan.
Informasi yang menggambar kinerja aktual dari sistem fisik hanyalah satu unsur yang memungkinkan manajer memegang kendali. Sejumlah standar juga diperlukan untuk menetapkan kinerja yang diinginkan. Manajemen, pengolah informasi, dan standar membentuk sistem konseptual.
Manajemen dapat mempraktekan management by exception dengan menggunakan pengolah informasi untuk memantau sistem fisik. Dengan memasukkan standar pada pengolah informasi maka dapat ditentukan apakah perhatian manajemen diperlukan. Selain itu dapat disediakan informasi mengenai status dari faktor-faktor penentu keberhasilan.
Jika kinerja aktual tidak memenuhi standar, maka manajemen membuat keputusan yang menghasilkan perubahan. Keputusan tersebut dikomunikasikan kepada ketiga elemen dalam sistem fisik.

No comments:

Post a Comment