BAB 1
Pengertian Manajemen Informasi
manajemen informasi adalah pengelolaan data dimana didalamnya
mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan
berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga
dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen.
Sistem
•
Sistem adalah suatu cara yg
ditetapkan sebelumnya utk menjalankan suatu aktivitas atau seperangkat aktivitas yg biasanya dilakukan secara
berulangkali
• Karakteristik Sistem:
– Ritmik
– Terkoordinasi
– Untuk mencapai tujuan tertentu
• Banyak tindakan mgt yang tidak sistematik (pertimbangan
terbaik)
– Jika seluruh sistem menjamin tindakan yang benar à tidak diperlukan
manajer manusia
Sistem Informasi Manajemen
sebuah
sistem yang menyangkut metoda dan upaya terorganisasi dalam melakukan fungsi
pengumpulan data (baik data-dataa dari dalam dan luar perusahaan) serta
dengan menggunakan komputer data-data
yang telah dikumpulkan tadi diproses untuk menghasilkan dan menyajikan informasi yang terkini, akurat dan
cepat bagi para pengambil keputusan
manajemen.
Komponen dalam Sistem Informasi
Manajemen
• sistem pemrosesan data (data processing system)
• sistem pelaporan manajemen (management
reporting system)
• sistem pendukung keputusan (decision
support system)
• sistem otomatisasi kantor (office
automation system)
• sistem pintar (expert system)
.
No comments:
Post a Comment