107.KOMUNIKASI INTERNAL
Menurut
Lawrence D. Brennan seperti yang dikutip oleh Effendy,mendefinisikan komunikasi
internal sebagai, “Petukaran gagasan diantara paraadministrator dan karyawan
dalam suatu perusahaan atau jawatan tersebutlengkap dengan strukturnya yang
khas (organisasi) dan pertukaran gagasansecara horizontal dan vertical di dalam
perusahaan ata u jawatan yangmenyebabkan pekerjaan berlangsung (operasi dan
management)”.Sedangkanmenurut Yulianita,“Komunikasi internal yaitu komunikasi
yang terjadi diantara orang-orang yang berada dalam suatu perusahaan.” Jadi
komunikasi internal merupakan proses pertukaran gagasan antara paraanggota yang
terjadi di dalam perusahaan yang menyebabkan pekerjaanberlangsung.
Bentuk Komunikasi InternalBentuk transformasi komunikasi internal dalam organisasi dapatberbentuk :a). Alur komunikasi vertical dari atas ke bawah (downwardcommunication).Downward Communication adalah komunikasi yang dilaksanakan dariatasan kebawahan , dalam arti komunikasi ke bawah mengalir daritingkatan manajemen puncak ke manajemen menengah kemudian kemanajemen lebih rendah dan akhirnya sampai pada karyawan operasional.Fungsi komunikasi dari atas kebawah adalah untuk :- Instruksi (Perintah)Dalam iklim kerja, instruksi merupakan hal yang sering dilakukandalam konteks komunikasi dari atasan kepada bawahan .Instruksi inidapat dilaksanakan baik secara lisan atau tertulis.Perintah atau instruksikerja dapat berupa pemberian pengajaran sesuatu yang baru ataumenyebarluaskan pada para karyawan bagaimana melakukan suatutugas khusus.- Briefing (pengarahan ) Briefing adalah memberikan penjelasan – penjelasan secara singkatatau pertemuan untuk memberikan penerangan secara ringkas.Biasanya briefing digunakan oleh para manajer atau pimpinan yangmengundang par karyawan atau tokoh – tokoh karyawan untukmenerima penjelasan – penjelasan tertentu. Pada prinsipnya pengarahanyang dilakukan adalah pengarahan yang ada kaitannya demganpelaksanaan tugas sesuai dengan tujuan organisasi.- Pemberian informasi tentang kebijakan – kebijakan perusahaanPemberian Informasi yang berorientasipada informasi yang dimilikioleh perusahaan, misalnya : tentang aturan –aturan organisasi, aplikasiorganisasi, prosedur , sejarah organisasi , dan hal – hal lain yangberkaitan dengan penyebarluasan informasi mengenai kebijakanperusahaan yang perlu diketahui publicnya.- Melakukan penilaianPenilaian dilakukan atas dasar evaluasi atau penilaian supervisorterhadap pelaksanaan kerja karyawan.Pada tahap selanjutnya,penilaianini harus dapat di ekspresikan pada seluruh karyawan, sehinggakaryawan pun dapat mengetahui kondisi dirrinya di mata pimpinan.- Penanaman ideologyPenanaman ideology pimpinan perusahaan terhadap bawahannyamerupakan penanaman ideologi yang sesuai dan telah disepakati pihakperusahaan.
Bentuk Komunikasi InternalBentuk transformasi komunikasi internal dalam organisasi dapatberbentuk :a). Alur komunikasi vertical dari atas ke bawah (downwardcommunication).Downward Communication adalah komunikasi yang dilaksanakan dariatasan kebawahan , dalam arti komunikasi ke bawah mengalir daritingkatan manajemen puncak ke manajemen menengah kemudian kemanajemen lebih rendah dan akhirnya sampai pada karyawan operasional.Fungsi komunikasi dari atas kebawah adalah untuk :- Instruksi (Perintah)Dalam iklim kerja, instruksi merupakan hal yang sering dilakukandalam konteks komunikasi dari atasan kepada bawahan .Instruksi inidapat dilaksanakan baik secara lisan atau tertulis.Perintah atau instruksikerja dapat berupa pemberian pengajaran sesuatu yang baru ataumenyebarluaskan pada para karyawan bagaimana melakukan suatutugas khusus.- Briefing (pengarahan ) Briefing adalah memberikan penjelasan – penjelasan secara singkatatau pertemuan untuk memberikan penerangan secara ringkas.Biasanya briefing digunakan oleh para manajer atau pimpinan yangmengundang par karyawan atau tokoh – tokoh karyawan untukmenerima penjelasan – penjelasan tertentu. Pada prinsipnya pengarahanyang dilakukan adalah pengarahan yang ada kaitannya demganpelaksanaan tugas sesuai dengan tujuan organisasi.- Pemberian informasi tentang kebijakan – kebijakan perusahaanPemberian Informasi yang berorientasipada informasi yang dimilikioleh perusahaan, misalnya : tentang aturan –aturan organisasi, aplikasiorganisasi, prosedur , sejarah organisasi , dan hal – hal lain yangberkaitan dengan penyebarluasan informasi mengenai kebijakanperusahaan yang perlu diketahui publicnya.- Melakukan penilaianPenilaian dilakukan atas dasar evaluasi atau penilaian supervisorterhadap pelaksanaan kerja karyawan.Pada tahap selanjutnya,penilaianini harus dapat di ekspresikan pada seluruh karyawan, sehinggakaryawan pun dapat mengetahui kondisi dirrinya di mata pimpinan.- Penanaman ideologyPenanaman ideology pimpinan perusahaan terhadap bawahannyamerupakan penanaman ideologi yang sesuai dan telah disepakati pihakperusahaan.
Hal ini
sebagai upaya pimpinan untuk menc apaikan danmenanamkan dalam diri karyawan,
sehingga akan menumbuhkan Peningkatan semangat kerja, pengabdian, rasa memiliki
atau dukunganterhadap organisasi.- Pemberian penghargaanPemberian penghargaan
dapat dilakukan pada peristiwa – peristiwapenting, misalnya: dalam rangka ulang
tahun perusahaan atau hari –hari lainnya Dalam hal ini, pimpinan perusahaan
dapat memberikanpenghargaan bagi karyawan yang berprestasi.- Mela kukan
teguranUntuk keberhasilan suatu organisasi, seorang pemimpin berhak danharus
mampu memberikan teguran – teguran pada tingkatan jabatanyang lebih rendah/atau
bawahan yang lalai dalam menjalankantugas/instruksi, baik secara lisan atau
tertulis.- Pemberian insentif dan tunjanganPada waktu – waktu tertentu dan
dirasa tepat, pimpinan dapatmemberikan insentif bagi karyawan yang telah dapat
mencapai targettertentu yang dirasa dapat menguntungkan pihak perusahaan.
Pimpinanperlu mempertimbangkan untuk pemberian insentif bagi karyawantertentu.
Pemberian insentif atau tunjangan dapat memberikan isyaratadanya perhatian,kepedulian
dan kesadaran seorang atasan akanpentingnya peran bawahan bagi perusahaan atua
organisasi.b). Alur komunikasi ve rtical dari bawah ke atas ( upward
communication).Aliran komunikasi upward communication adalah kebalikan
daridownward communication, dimulai dari hirarki wewenang yang lebih rendah ke
hirarki wewenang yang lebihtinggi, biasanyamengalir sepanjangrantai komando.
Dengan demikian ketika pimpinian atau manajemenorganisasi meminta informasi
dari bawahan atau pada saat pimpinanmendapatkan feedback dari bawahan berkaitan
segala hal yang berkaitandengan organisasinya, atau jika para karyawan
menyatakan sesuatu padaatasanya mengenai permasalahan mereka yang berkaitan
dengan tugas danmetode – metode yang harus dilakukan, serta menyatakan persepsi
merekatentangorganisasi,maka semua itu merupakan komunikasi yang mengalirdari
pihak bawahan kepada atasan yang disebut sebagai upwardcommunicatrion.
No comments:
Post a Comment