Thursday, January 10, 2013

tugas 108-komunikasi


108.KOMUNIKASI INTERNASIONAL
Komunikasi internasional merupakan instrument yang sangat penting dalam dinamika hubungan internasional. Negara yang memiliki kepentingan di negara lain akan mengkomunikasikan hal- hal yang berkaitan dengan kepentingan tersebut, baik itu berupa kerjasama maupun konflik. Pada saat yang bersamaan negara yang dituju tersebut memberikan reaksi, saat itulah komunikasi internasional berjalan.
Salah satu contoh yang terjadi adalah ketika ada suatu negara ingin menanamkan sahamnya di negara lain, maka negara tersebut akan berusaha mendekati sasarannya untuk mensukseskan kepentingan negaranya. Negara yang dituju akan mempertimbangkan tawaran yang telah diberikan tersebut dan memilih akan ikut dalam kerjasama jika menguntungkan ataukah menolak apabila dari kerjasama itu tidak membawa manfaat baginya.
Ajakan kerjasama ini disampaikan melalui perundingan- perundingan. Para wakil dari masing- masing negara membicarakan perihal kerjasama yang akan mereka jalin. Dalam perjalanannya, pengaruh negara yang lebih kuat atau kaya sangat menentukan keberhasilan terjadinya kerjasama. Ada saat dimana negara berkembang yang sedang mengalami krisis ekonomi sangat membutuhkan bantuan asing melakukan apapun demi mendapatkan bantuan. Seperti yang terjadi di Indonesia yang pada saat krisis ekonomi 1998 lalu setuju utnuk menyerahkan beberapa aset milik negara kepada pihak swasta sebagai syarat cairnya bantuan dana dari IMF untuk mengatasi masalah krisis.
Kekalahan Indonesia dalam mempertahankan aset milik negara ini tidak lepas dari adanya hegemoni Barat sebagai negara maju dan kaya yang bisa mengendalikan negara berkembang agar mengikuti kemauannya dan dalam keadaan yang terdesak negara berkembang mengikuti. Penanaman hegemoni ini telah melalui proses yang sangat panjang.
Negara yang memiliki pengaruh kuat dalam percaturan politik dunia adalah AS. Negara ini telah menanamkan hegemoni yang sangat kuat keseluruh dunia. AS memiliki kekuatan untuk menekan negara lain agar mengikuti apapun keinginannya. AS sebagai negara kaya dan berpengaruh berulang kali masuk dalam urusan- urusan domestic di negara lain. AS mengarapkan keuntungan yang jauh lebih besar daripada bantuan yang telah diberikan. Dari hasil kesepakatan antara AS dan negara yang dituju maka terjadilah perjanjian kerjasama yang akan dijalin. Jika tanpa adanya hegemoni dan kepercayaan yang kuat terhadap AS, maka belum tentu negara tersebut akan mau mengikutinya walaupun mungkin dalam keadaan mendesak.
Dalam usahanya menanamkan pengaruhnya pada negara keunggulan dan dominasi tekhnologi yang dimiliki AS merupakan alat yang sangat ampuh. Media massa dunia milik AS seperti CNN adalah salah satu contoh dimana pemerintah AS memberikan pengaruh pada pola pikir masyarakat dunia. Kebudayaan AS mempengaruhi pola piki rmasyarakat dan berkeinginan memiliki kehidupan gaya Amerika. Hal ini sebagai bukti kecil kesuksesan AS dalam mempengaruhi dunia.

No comments:

Post a Comment