78.GAMBARAN UMUM MANAJEMEN KRISIS
Managemen Krisis diartikan sebagai sebagai
persiapan dan pelaksanaan strategi dan taktik atau cara yang dapat mencegah
atau mengatasi dampak masalah-masalah penting dalam perusahaan atau organisasi.
Managemen krisis adalah cara berfikir dan bertindak
pada saat semuanya menjadi keruh dan kacau. Krisis membutuhkan semua kemampuan
dan ketrampilan yang kita miliki, dengan situasi dibawah tekanan dan dengan
waktu yang terus mendesak
Managemen krisis
dimulai dengan menjawab 2 pertanyaan penting. Apakah krisis itu. Dan kapan
krisis itu dimulai. Menemukan jawabannya tidak semuadah yang kita bayangkan.
Mudah, jika persolannya adalah kapan kebakaran itu terjadi atau kapan produk iu
rusak. Namun jika pertanyaan meningkat pada apa yang telah dilakukan oleh CEO
atau kapan perusahaan itu terjebak dalam permainan bisnis, hal tersebut menjadi
sedikit lebih sulit untuk memperkirakan sebab-sebab yng masih mengambang.
Definisis
krisis :
· Intensitas
permasalahan akan bertambah.
· Masalah akan
dibawah sorotan publik baik melalui media masa, atau informasi dari mulut ke
mulut.
· Masalah akan
menganggu kelancaran bisnis sehari-hari.
· Masalah
menganggu nama baik perusahaan.
· Masalah dapat
merusak sistim kerja dan menggoncangkan perusahaan secara keseluruhan.
· Masalah yang
dihadapi disamping membuat perusahaan menjadi panik, juga tidak jarang membuat
masyarakat menjadi panik.
· Masalah akan
membuat pemerintah ikut melakukan intervensi
No comments:
Post a Comment