64.GAMBARAN UMUM MANAJEMEN BIAYA
Manajemen
biaya strategik adalah penggunaan data biaya untuk mengembangkan
danmengidentifiasi strategi yang unggul yang akan menghasilkan keunggulan
bersaing yang berkelanjutan.
Competitive
advantage ( keunggulan bersaing )
Keunggulan
bersaing adalah menciptakan nilai pelanggan yang lebih baik dengan
biaya yang sama atau lebih rendah dibandingkan pesaing atau menciptakan
nilai yang setaradengan biaya yang lebih rendah dibandingkan pesaing. Ada
dua strategi umum yang mampu memberikan keunggulan bersaing
yang berkesinambungan : (1) strategi biaya rendah, dan (2) strategi
diferensiasi. Tujuan daristrategi biaya rendah adalah untuk memberikan nilai
yang sama atau lebih baik kepadapelanggan dengan biaya yang lebih rendah
dibandingkan pesaing. Strategi diferensiasi disisilain berusaha keras untuk
meningkatkan nilai pelanggan dengan meningkatkan yangditerima pelanggan . keunggulan
bersaing diciptakan dengan memberikan sesuatu kepadapelanggan yang tidak
diberikan oleh para pesaing. Karenanya, karakteristik produk harusdiciptakan
yang membuat produk tersebutg berbeda dari pesainggnya.Peran sistem manajemen
biaya dalam membantu mencapai tujuan yaitu meningkatkannilai pelanggan dengan meminimalisasi
pengorbanan pelanggan., menciptakan nilaipelanggan yang lebih baik dengan biaya
yang sama atau lebih rendah daripada pesaing.
Customer
Value ( nilai pelanggan )
Customer
value adalah perbedaan antara apa yang diterima pelanggan (realisasi
pelanggan)dan apa yang pelanggan berikan (pengorbanan pelanggan), dimana apa
yang pelangganterima lebih daripada sekedar tingkatan dasar kinerja yang
diberikan produk.
Kerangka,
Hubungan, dan Kegiatan Rantai Nilai
Kerangka
rantai nilai adalah suatu pendekatan pendorong untuk memahami
kegiatanperusahaan yang penting secara strategis. Dasar dari kerangka rantai
nilai adalahpengakuan adanya hubungan yang kompleks dan saling keterkaitan di
antara kegiatan baik di dalam maupun di luar perusahaan. Ada dua jenis
hubungan yang harus dianalisis dandipahami : hubungan internal dan hubungan
eksternal.Internal linkage adalah hubungan diantara kegiatan yang dilakukan
dalam bagian rantainilai perusahaan. Sebaiknya, External linkage menjelaskan
hubungan kegiatan rantai nilaiperusahaan yang dilakukan dengan pemasok dan
pelanggannya. Karenanya hubunganeksternal terdiri dari dua jenis yaitu hubungan
pemasok dan hubungan pelanggan.
Kegiatan
dan pendorong organisasi
Kegiatan
organisasi adalah kegiatan yang menentukan struktur organisasi dan
proses bisnis.Aktivitas operational adalah kegiatan hari ke hari yang
dilakukan sebagai hasil daristruktur dan proses yang dipilih oleh
organisasi.Organizational cost driver ( pendorong biaya organisasi ) adalah
faktor struktural danprosedural yang menentukan struktur biaya jangka panjang
dari suatu perusahaan sehinggapendorong biaya organisasi memegang peranan yang
sangat penting pada strategipengurangan biaya apapun. Operational cost driver
adalah faktor-faktor yang mendorong biaya operational kegiatan. Pendorong
ini mencakup faktor-faktor seperti jumlah sukucadang, jumlah perpindahan,
jumlah produk, jumlah pesanan pelanggan, dan jumlahproduk yang dikembalikan.
STRUCTURAL
COST DRIVER VS EXECUTIONAL COST DRIVER
Kegiatan
organisasi ada dua jenis : struktural dan prosedural. Kegiatan struktural
adalahkegiatan yang menentukan struktur ekonomi perusahaan yang mendasari.
Kegiatanprosedural adalah kegiatan yang mendefinisikan proses suatu organisasi
dan secaralangsung berhubungan dengan kemampuan suatu organisasi untuk
melaksanakan dengan berhasil. Pendorong biaya organisasi dijelaskan dalam
dua kategori, berhubungan dengandua jenis kegiatan : pendorong biaya struktural
dan pendorong biaya prosedural.Perbedaan structural cost driver dan executional
cost driver yaitu :Struktural cost driver ( pendorong biaya struktural ) adalah
kegiatan yang menentukanstruktur ekonomi perusahaan yang mendasari sedangkan
execisional cost driver (pendorong biaya prosedural ) adalah kegiatan yang
mendefinisikan proses suatu organisasidan secara langsung berhubungan dengan
kemampuan suatu organisasi untuk melaksanakan dengan berhasil.Misalnya :
Bagaimana karyawan diorganisasikan dan berapa banyak karyawan yangdigunakan
untuk mempengaruhi struktur biaya jangka panjang suatu organisasi.
Kegiatan
dan pendorong operasional
Kegiatan
operasional adalah kegiatan hari kehari yang dilakukan sebagai hasil dari
strukturdan proses yang dipilih oleh organisasi. Pendorong biaya operasional
adalah faktor-faktor yang mendorong biaya operasional kegiatan. Pendorong
ini mencakup faktor-faktor seperti jumlah suku cadang, jumlah perpindahan,
jumlah produk, jumlah pesanan pelanggan, dan jumlah produk yang
dikembalikan. Kegiatan operasional perusahaan yang dimungkinkandan pendukungnya
adalah sebagai berikut :
Kegiatan
structural
Pendorong
biaya strutural
-
Membangun pabrik - Jumlah pabrik, skala, tingkat sentralisasi- Menyusun
struktur manajemen - Gaya dan filosofi manajemen
No comments:
Post a Comment