Monday, January 7, 2013

tugas 64-gambaran umum manajemen



64.GAMBARAN UMUM MANAJEMEN BIAYA

Manajemen biaya strategik adalah penggunaan data biaya untuk mengembangkan danmengidentifiasi strategi yang unggul yang akan menghasilkan keunggulan bersaing yang berkelanjutan.
Competitive advantage ( keunggulan bersaing )
 Keunggulan bersaing adalah menciptakan nilai pelanggan yang lebih baik dengan biaya yang sama atau lebih rendah dibandingkan pesaing atau menciptakan nilai yang setaradengan biaya yang lebih rendah dibandingkan pesaing. Ada dua strategi umum yang mampu memberikan keunggulan bersaing yang berkesinambungan : (1) strategi biaya rendah, dan (2) strategi diferensiasi. Tujuan daristrategi biaya rendah adalah untuk memberikan nilai yang sama atau lebih baik kepadapelanggan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan pesaing. Strategi diferensiasi disisilain berusaha keras untuk meningkatkan nilai pelanggan dengan meningkatkan yangditerima pelanggan . keunggulan bersaing diciptakan dengan memberikan sesuatu kepadapelanggan yang tidak diberikan oleh para pesaing. Karenanya, karakteristik produk harusdiciptakan yang membuat produk tersebutg berbeda dari pesainggnya.Peran sistem manajemen biaya dalam membantu mencapai tujuan yaitu meningkatkannilai pelanggan dengan meminimalisasi pengorbanan pelanggan., menciptakan nilaipelanggan yang lebih baik dengan biaya yang sama atau lebih rendah daripada pesaing.
Customer Value ( nilai pelanggan )
 Customer value adalah perbedaan antara apa yang diterima pelanggan (realisasi pelanggan)dan apa yang pelanggan berikan (pengorbanan pelanggan), dimana apa yang pelangganterima lebih daripada sekedar tingkatan dasar kinerja yang diberikan produk.
Kerangka, Hubungan, dan Kegiatan Rantai Nilai
 Kerangka rantai nilai adalah suatu pendekatan pendorong untuk memahami kegiatanperusahaan yang penting secara strategis. Dasar dari kerangka rantai nilai adalahpengakuan adanya hubungan yang kompleks dan saling keterkaitan di antara kegiatan baik di dalam maupun di luar perusahaan. Ada dua jenis hubungan yang harus dianalisis dandipahami : hubungan internal dan hubungan eksternal.Internal linkage adalah hubungan diantara kegiatan yang dilakukan dalam bagian rantainilai perusahaan. Sebaiknya, External linkage menjelaskan hubungan kegiatan rantai nilaiperusahaan yang dilakukan dengan pemasok dan pelanggannya. Karenanya hubunganeksternal terdiri dari dua jenis yaitu hubungan pemasok dan hubungan pelanggan.
Kegiatan dan pendorong organisasi
Kegiatan organisasi adalah kegiatan yang menentukan struktur organisasi dan proses bisnis.Aktivitas operational adalah kegiatan hari ke hari yang dilakukan sebagai hasil daristruktur dan proses yang dipilih oleh organisasi.Organizational cost driver ( pendorong biaya organisasi ) adalah faktor struktural danprosedural yang menentukan struktur biaya jangka panjang dari suatu perusahaan sehinggapendorong biaya organisasi memegang peranan yang sangat penting pada strategipengurangan biaya apapun. Operational cost driver adalah faktor-faktor yang mendorong biaya operational kegiatan. Pendorong ini mencakup faktor-faktor seperti jumlah sukucadang, jumlah perpindahan, jumlah produk, jumlah pesanan pelanggan, dan jumlahproduk yang dikembalikan.
STRUCTURAL COST DRIVER VS EXECUTIONAL COST DRIVER 
 Kegiatan organisasi ada dua jenis : struktural dan prosedural. Kegiatan struktural adalahkegiatan yang menentukan struktur ekonomi perusahaan yang mendasari. Kegiatanprosedural adalah kegiatan yang mendefinisikan proses suatu organisasi dan secaralangsung berhubungan dengan kemampuan suatu organisasi untuk melaksanakan dengan berhasil. Pendorong biaya organisasi dijelaskan dalam dua kategori, berhubungan dengandua jenis kegiatan : pendorong biaya struktural dan pendorong biaya prosedural.Perbedaan structural cost driver dan executional cost driver yaitu :Struktural cost driver ( pendorong biaya struktural ) adalah kegiatan yang menentukanstruktur ekonomi perusahaan yang mendasari sedangkan execisional cost driver (pendorong biaya prosedural ) adalah kegiatan yang mendefinisikan proses suatu organisasidan secara langsung berhubungan dengan kemampuan suatu organisasi untuk melaksanakan dengan berhasil.Misalnya : Bagaimana karyawan diorganisasikan dan berapa banyak karyawan yangdigunakan untuk mempengaruhi struktur biaya jangka panjang suatu organisasi.
Kegiatan dan pendorong operasional
 Kegiatan operasional adalah kegiatan hari kehari yang dilakukan sebagai hasil dari strukturdan proses yang dipilih oleh organisasi. Pendorong biaya operasional adalah faktor-faktor yang mendorong biaya operasional kegiatan. Pendorong ini mencakup faktor-faktor seperti jumlah suku cadang, jumlah perpindahan, jumlah produk, jumlah pesanan pelanggan, dan jumlah produk yang dikembalikan. Kegiatan operasional perusahaan yang dimungkinkandan pendukungnya adalah sebagai berikut :
Kegiatan structural

Pendorong biaya strutural

 
- Membangun pabrik - Jumlah pabrik, skala, tingkat sentralisasi- Menyusun struktur manajemen - Gaya dan filosofi manajemen

No comments:

Post a Comment