Wednesday, January 9, 2013

tugas 95-motivasi


95. MOTIVASI BELAJAR

DefinisiMotivasi belajar

Motivasi menjadi sesuatu hal yang sangat penting tatkala kita akan melakukan sesuatu. Ada beberapa Definisimotivasi belajar yang dikemukakan oleh para ahli, Definisimotivasi tersebut adalah:

1.Motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri sesorang ya­ng menimbulkan, memberikan arah dan memberi kekuatan, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

2.Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Davis (dalam Andayani, 2006: 25): Motive or motivation refers to an internal state resulting from a need which incites behaviour, usually directed towarked fulfilling the need.”
Pendapat tersebut dapat dimaknai bahwa motivasi merupakan sesuatu yang berasal dari dalam diri seseorang yang muncul dalam rangka memenuhi ke­butuhan­nya.

3.Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Nasution (1993: 08) yang menya-takan:  Motivasi adalah kondisi psikologis sesorang untuk melakukan sesuatu.
4.Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Sardiman (2007: 75): 
Keseluruhan daya dan penggerak psikis di dalam diri seseorang yang me­nim­bul­kan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar dan memberi arah pada kegiatan belajar demi mencapai tujuan. 

5. Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Winkel (1983: 27) menyatakan:  Motivasi belajar merupakan faktor psikis, yang ber­sifat nonintelektual yang berperan dalam hal gairah belajar. Siswa yang ber­motivasi kuat akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan.


No comments:

Post a Comment