26.Perencanaan Peningkatan
Mutu Sekolah Dasar
Terdapat hubungan yang erat antara perencanaan manajemen.
Hal ini dikarenakan perencanaan merupakan salah satu fungsi yang utama dan
pertama dari kegiatan manajemen. Setiap proses kegiatan manajemen akan diawali
dengan perencanaan.
Secara konseptual dapat ditarik batasan bahwa perencanaan
dapat diartikan sebagai sebuah
proses kegiatan pemikiran dan penentuan prioritas-prioritas yang harus
dilakukan secara rasional sebelum melakukan tindakan yang sebenar-benarnya
dalam rangka mencapai tujuan.
Terdapat
beberapa bentuk perencanaan, baik dilihat dari ruang lingkup, jangka waktu,
materi, daerah, umum atau kekhususannya. Diantaranya dilihat dari ruang
lingkupnya, terdiri (1) Rencana kebijaksanaan (policy plan), (2) Rencana
Program (program plan), (3) Rencana proyek (project plan) dan (4) Rencana
operasi (operation plan). Sedang dilihat dari jangka waktunya, terdapat : 1)
Rencana jangka lama (long run), 2) Rencana jangka panjang (purpose), 3) Rencana
jangka sedang (aim), 4) Rencana jangka pendek (goal). Dilihat dari segi materi,
ada (1) rencana personel (personnel plan), (2) Rencana finansial (financial
plan), (3) Rencana pendidikan (education plan), (4) Rencana logistik (logistic
plan). Sedang dari dilihat dari sudut daerah (1) Rencana pedesaan dan rencana
antarpedesaan, (2) Rencana perkotaan dan rencana antar perkotaan, (3) Rencana
daerah dan rencana antardaerah, (4) Rencana nasional dan rencana internasional;
serta Dilihat dari umum khususnya maka (1) Rencana umum (general plan), (2)
Rencana khusus (special plan).
Semua jenis
atau bentuk perencanaan tersebut dalam pengembangannya, dapat melalui proses
(1) penyusunan rencana (2) penyusunan program rencana; penjabaran dari
perincian kegiatan, pembiayaan, penentuan subbagian yang akan dilakukan menurut
ukuran skala prioritas (3) pelaksanaan rencana; kegiatan-kegiatan operasi yang
telah direncanakan dan diprogramkan, (4) pengawasan terhadap pelaksanaan
rencana, dan (5) evaluasi terhadap proses perencanaan.
Semua tindakan
pengembangan perencanaan, harus benar-benar diarahkan pada peningkatan mutu
sekolah yang diharapkan. Dengan demikian, fungsi manajemen sekolah dalam upaya
meningkatkan mutu SD dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan.
No comments:
Post a Comment